GEMASTIK XIII 2020

GEMASTIK XIII 2020

GEMASTIK XIII 2020

  Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) tahun 2020. Gemastik merupakan pagelaran mahasiswa tingkat nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan program Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam GEMASTIK semakin meningkat.  Sebanyak 2.869 tim dari 175 Perguruan Tinggi yang tersebar di 33 provinsi se-Indonesia, bersaing pada Gemastik XIII 2020.  Kegiatan akan dilaksanakan secara daring.

Terdapat 11 kategori lomba yang dikompetisikan pada Gemastik 2020, meliputi:

  1. Pemrograman (Programming)
  2. Keamanan Siber (Cyber Security)
  3. Penambangan Data (Data Mining)
  4. Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Animasi (Animation)
  6. Kota Cerdas (Smart City)
  7. Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
  8. Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
  9. Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
  10. Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
  11. Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Mahasiswa Teknik informatika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban telah mengikuti beberapa kategori lomba dari GEMASTIk 2020 yakni :

  1. Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
  2. Pemrograman (Programming)
  3. Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
  4. Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Semua peserta berhasil melangkah ke babak penyisihan.

Tujuan dari GEMASTIK adalah sebagai berikut.

  1. Menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0
  2. Sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa
  3. Meningkatkan kepedulian serta kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEK sehingga menghasilkan produk inovasi yang memiliki daya saing tinggi
  4. Sebagai sarana pendukung demi terciptanya inovasi dalam teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak terhadap lingkungan sekitar

Dipost Oleh Admin

Support by Teknik Informatika

Post Terkait

Tinggalkan Komentar